Seberapa sering kah sebaiknya kambing anda diperah?

Diterbitkan pada 15 Agustus 2014 | Ketegori : Hasil Ternak, Potensi Ternak | Dilihat 4348 kali | Belum ada komentar

kambing perahSeberapa sering kah sebaiknya kambing anda diperah?2x sehari atau 1x sehari? semuanya tergantung bagaimana cara anda memelihara kambing anda. Tergantung juga cara memberikan pakannya. Jika anda punya pengalaman lain ayo kita share disini..

Berapa banyak kambing yang anda punyai?10 ekor?40 ekor?100 ekor? Atau bahkan lebih banyak lagi? Anda perlu mempertimbangkan waktu pemerahan kambing perah tersebut sehingga didapatkan susu yang jumlahnya bisa optimal. Baik untuk kepentingan bisnis dan kesehatan kambing itu sendiri.

Proses memerah kambing dimulai ketika kambing betina anda melahirkan. Pada masa kira-kira 4-7 hari dari masa melahirkan tersebut induk kambing akan menghasilkan kolostrum yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kesehatan dari cempe/anak kambing. Meskipun harga Kolostrum ini jika dijual akan sangat tinggi, usahakan beri kolostrum ini kepada anak kambing / cempe seoptimal mungkin agar kesehatan nya terjamin. Kolostrum adalah cairan kental kekuninganyang mengandung nutrisi-nutrisi utama dan zat antibodi yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan tubuh anak kambing anda.

Jika anda menggunakan botol untuk memberikan susu kepada anak kambing, masukkan susu yang sudah anda perah ke dalam botol steril , lakukan ini 2x dalam sehari. Memerah susu dalam jangka 2 x sehari memastikan susu yang diproduksi oleh kambing akan bisa diambil dan secara optimal dan juga memastikan jumlah susu yang ada dalam ambing tidak terlalu penuh. Interval dari setiap pemerahan kira-kira 12 jam.

kambing-perah

Agar didapat hasil yang baik, antara kesehatan anak kambing/cempe dengan jumlah susu yang dapat kita ambil untuk dijual, ketika umurnya sudah cukup, kira-kira pada umur 14hari, pisahkan anak kambing ketika malam hari dengan induknya, dengan cara ini susu kambingd ari induknya 50% bisa untuk anaknya dan yg 50% bisa kita ambil.

Namun jika yang anda perah bukan merupakan kambing yang memang ditujukan untuk diperah memang hasil susunya akan sangat sedikit. Kambing peranakan ettawa jika diperah jumlah susu yang dihasilkan 400cc-800cc waktu laktasinya pun tak panjang. Berbeda dengan jenis kambing Saanen yang memang merupakan jenis kambing perah, produksi susu bisa mencapai 2liter-4liter/harinya dan waktu laktasinya hampir sepanjang tahun.

Anda dapat mengurangi jumlah pemerahan seiring dengan masuknya kambing ke masa kawin dan bunting.

PERTIMBANGKANLAH DENGAN BAIK,…..jenis kambing apa yang harus anda ternakkan. Jenis Kambing peranakan Ettawa yang bukan khusus untuk diperah jumlah susunyatidak sebanyak jenis kambing saanen yang memang merupakan kambing perah asli. Pertimbangkan juga jangan membeli kambing terlalu mahal yang kualitasnya bagus dan memang tujuan nya untuk menghasilkan bibit yang baik. Pilih yang sesuai dengan tujuan anda yaitu menghasilkan susu kambing sebanyak mungkin.

Belum ada komentar. Silakan berikan komentar Anda.

Komentar Pengunjung