DPRD Temui Ditjen Peternakan

Diterbitkan pada 26 Januari 2015 | Ketegori : Potensi Ternak, Umum | Dilihat 1618 kali | Belum ada komentar

DPRD Temui Ditjen Peternakan - Dalam kunjungan kerja ke luar daerah komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kalimantan Selatan, 21 – 23 Januari 2015 dengan agenda menemui Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian, di Jakarta.

dprd
Ketua komisi II DPRD Kalsel Muharram ketika dikonfirmasi, Rabu, membenarkan agenda tersebut, seraya menambahkan, tujuan ke Ditjen Peternakan itu untuk meminta perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat terkait pembangunan bidang peternakan.

“Kan kita memiliki potensi untuk pengembangan usaha peternakan. Tapi usaha tersebut bisa tidak maksimal, tanpa dukungan pemerinta pusat. Karena itu, kita perlu konsultasi dan meminta dukungan pemerintah pusat,” ujarnya sebelum bertolak ke Jakarta.

Mengutip keterangan dari Dinas Peternakan (Disnak) setempat, Muharram yang juga Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kalsel mengungkapkan potensi usaha pengembangan peternakan di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

“Sebagai contoh provinsi kita sistem pembibitan ternak sapi yang sudah bermerk atau berlabel nasional dan internasional, yaitu SNI dan ISO,” ungkap Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kalsel itu.

Begitu pula lahan pengembalaan atau untuk pemeliharaan ternak terdapat pada hampir semua kabupaten/kota di provinsi ini, lanjutnya menjawab Antara Kalsel.

“Khusus untuk pembibitan ternak sapi yang bersertifikasi SNI dan ISO, Kalsel satu-satunya provinsi di Indonesia luar Pulau Jawa. Bahkan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi pemasok kebutuhan sapi Kalsel selama ini, belum memiliki sertifikasi SNI dan ISO,” demikian Muharram.

Pada kesempatan terpisah, anggota Komisi II DPRD Kalsel H Riswandi berharap, ke depan usaha peternakan sebagai alternatif untuk kesejahteraan rakyat setempat, pascatambang batu bara.

“Sebab dari usaha pertambangan batu bara Kalsel tak bisa berharap lama untuk menunjang kesejahteraan penduduk di provinsi ini yang sudah mencapai empat juta jiwa,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Sedangkan usaha peternakan, lanjut anggota DPRD Kalsel tiga periode tersebut, bisa terus berkembang, dan tak akan pernah suruh, seiring kebutuhan dan perkembangan penduduk.

Bersamaan kunjungan kerja (kunker) Komisi II DPRD Kalsel ke luar daerah, Komisi I bidang hukum dan pemerintahan lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut juga melakukan kegiatan serupa dan sama-sama ke Ibu Kota Negara RI.

Namun dalam kunker Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi aset daerah itu untuk meninjau Kantor Perwakilan Pemprov tersebut di Jakarta, serta Taman Mini Indonesia Indah (TMNI).

  “Kita perlu melihat perkembangan keadaan bangunan Anjungan Kalsel di TMNI yang juga merupakan aset Pemprov,” ujar Ketua Komisi I DPRD provinsi tersebut Surinto.   

Sumber : http://www.antarakalsel.com/

 

Belum ada komentar. Silakan berikan komentar Anda.

Komentar Pengunjung