Verval Data Peternakan Tingkat Provinsi Tahun 2015

Diterbitkan pada 18 Februari 2015 | Ketegori : Potensi Ternak | Dilihat 2228 kali | 1 Komentar

Verifikasi dan validasi (VERVAL) data peternakan tingkat provinsi tahun 2015 telah dilaksanakan Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 3 – 5 Pebruari 2015 bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

verval1

Maksud dan tujuan dilaksanakan Pertemuan Verifikasi dan Validasi Data Peternakan Tingkat Provinsi Tahun 2015 adalah memperoleh merumuskan angka tetap untuk populasi, produksi dan konsumsi ternak dan hasil ternak Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2014.  Keluaran yang diharapkan adalah tersedianya angka tetap populasi, produksi dan konsumsi ternak serta hasil ternak Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2014.

Pada tahun 2014 telah dilaksanakan penandatangan kontrak kinerja yaitu jumlah populasi sapi potong, sapi perah dan kerbau sebanyak 146.906 ekor dan produksi daging sapi dan kerbau sebayak 6.370 ton.  Demikian pula kontak kinerja antara pemerintah provinsi kalimantan selatan dengan pemerintah kab/kota sekalimantan selatan.

verval3

Verval data peternakan tingkat provinsi tahun 2015 ini diikuti  oleh para peserta  dari dinas peternakan atau yang menjalankan fungsi peternakan seluruh kabupaten kota se Kalimantan Selatan.  Dari hasil pertemuan diperoleh angka sementara populasi sapid an kerbau sebanyak 166.992 ekor, sehingga pencapaian terhadap kontrak kinerja sebesar 113,67%.  Untuk produksi daging sapi dan kerbau diperoleh data sementara sebanyak 9.272.039 kg sehingga pencapaian terhadap kontrak kinerja sebesar 145,56%.

Sabri Madani

Pada kesempatan ini Kepala Dinas, Ir. H. M. Sabrie Madanie, MM menyampaikan bahwa ada beberapa strategi dalam meningkatkan populasi sapi di Kalimantan Selatan.  Strategi tersebut meliputi meningkatkan angka kelahiran, mencegah pengeluaran betina produktif, menekan kematian, perbaikan reproduksi dan program penggemukan.

One Comment to “Verval Data Peternakan Tingkat Provinsi Tahun 2015


  1. Bambang Irawan mengatakan:

    Ass. wr.wb.
    Selamat atas pelaksanaan verifikasi dan validasi (VERVAL) data peternakan tingkat provinsi Kalsel tahun 2015. Mohon mendapatkan data lengkapnya dengan meng-’up-date’ data-base 2015. Terimakasih.
    Wassalam.

Komentar Pengunjung