700 Ekor Sapi Divaksin Antisipasi Jembrana

Diterbitkan pada 26 Januari 2016 | Ketegori : Daging Sapi, Potensi Ternak, Umum | Dilihat 1463 kali | 1 Komentar

vaksin jembrana

700 Ekor Sapi Divaksin Antisipasi Jembrana  - Sekitar 700 ekor sapi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, divaksin untuk mencegah penularan penyakit jembrana.

“Sapi yang divaksin diharapkan memiliki kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit jembrana,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanah Bumbu Abdul Karim, di Batulicin, Jumat.

Ia menegaskan, penyakit jembrana merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering menyerang ternak ruminansia terutama Sapi Bali, Penyakit ini tergolong baru di Indonesia sebab hanya ditemukan pada Sapi Bali saja.

“Awalnya penyakit ini terjadi di Kabupaten Jembrana, Bali sekitar tahun 1964 dan saat ini telah menyebar ke seluruh Indonesia seperti Jawa Timur, Kalimantan,dan Bali,” tuturnya.

Dijelaskan, penyakit jembrana disebabkan oleh virus yang dinamakan lentiviridae family Retroviridae, virus ini tergolong baru dan satu kelompok dengan virus HIV penyebab AIDS pada manusia sehingga menarik perhatian dunia dan banyak para peneliti yang ingin meneliti lebih jauh tentang virus ini.

Sumber utama penyebaran virus lentiviridae secara mekanis disebabkan oleh gigitan lalat penghisap darah seperti Tabanus sp.

Penyakit jembrana Sifatnya yang akut dapat menyebabkan kematian yang sangat tinggi sekitar 17 persen, sehingga mempengaruhi produktivitas pertanian karena Sapi Bali banyak digunakan sebagai sapi potong dan sapi pekerja.

“Kegiatan vaksinasi khususnya pada ternak sapi bali dilakukan mengingat bahwa sapi bali sangat rentan terhadap penyakit jembrana,” ujarnya.

Kegiatan vaksinasi sapi bali lanjut Abdul Karim, merupakan kerjasama Distanpanak Tanah Bumbu bersama Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan dengan sasaran terhadap masyarakat yang memelihara sapi bali.

Ditambahkannya, kegiatan vaksinasi jembrana dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun serta tidak dipungut biaya atau gratis.

vaksinasi penyakit jembrana tidak dipungut biaya dan program tersebut masih berlanjut diperiode 2016, sehingga pihak menargetkan sebanyak 800 ekor sapi yang di vaksin pada periode 2016.

“Selain melakukan vaksin terhadap sapi ternak, faktor pendukung pencegahan penyakit jembrana juga dapat kami lakukan dengan penyemprotan vector,” paparnya.

Sumber : antarakalsel.com

 

One Comment to “700 Ekor Sapi Divaksin Antisipasi Jembrana


  1. Maaf, kalau boleh tau apa vaksin yang diberikan hanya untuk sapi Bali saja? Apa sudah pernah ada kasus sapi yang terkena penyakit jembrana? Terima kasih

Komentar Pengunjung