Kementan Gelontorkan Rp. 11 Milyar untuk Petugas Lapangan

Diterbitkan pada 12 April 2016 | Ketegori : Potensi Ternak, Umum | Dilihat 1145 kali | Belum ada komentar

waktu-yang-tepat-membeli-sapi

Kementan Gelontorkan Rp. 11 Milyar untuk Petugas Lapangan – Kementerian Pertanian mengagendakan percepatan data pertanian di Indonesia. Anggaran sebesar Rp11 miliar digelontorkan untuk insentif petugas lapangan.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementan, Suwandi, saat menghadiri Forum Komunikasi Statistik dan Sistem Infomasi Pertanian di Kota Solo, Jawa Tengah, semalam.

Jadi untuk percepatan data, ada dua petugas di empat ribu kecamatan. Total petugas delapan ribu dengan honor Rp110 ribu per bulan, katanya.

Para petugas lapangan diminta melaporkan data pertanian lengkap secara harian. Mereka bakal bertugas selama sepuluh bulan. Jadi total keseluruhan anggaran di tahun 2016 ada Rp11 miliar, ungkap Suwandi.

Para petugas tersebut tersebar di 17 sentra produksi pertanian di Indonesia. Mereka harus menyajikan informasi lengkap secara harian seperti data produksi, luas panen, harga di level petani dan harga di pasar.

Selain itu, imbuhnya, sebanyak 300 petugas informasi pasar akan melaporkan harga komoditas di tiap kabupaten dan kota ke Jakarta. Selanjutnya, pantauan harga tersebut dapat diketahui publik melalui sistem di situs daring Kementerian Pertanian.

Ini tak lain untuk mengurangi asimetri harga di level petani dan pasar. Jadi, misalnya petani di Lampung bisa melihat harga di Jakarta karena banyak produknya masuk ke Jakarta, terangnya.

Percepatan data ini, ungkap Suwandi, penting dilakukan secara harian sesuai arahan dari Mentan Andi Amran Sulaiman. Jika data tersebut dapat disajikan secara cepat, pengambilan keputusan pun dapat dilakukan secara tepat, tutupnya.

Sumber : http://m.metrotvnews.com/read/2016/04/07/509781

 

Belum ada komentar. Silakan berikan komentar Anda.

Komentar Pengunjung